Thursday 13 August 2015

Tips Bertanya di Forum Linux dan Sejenisnya Untuk Para Pemula

Forum linux atau Free Open Source Software memang banyak tersebar di berbagai media sosial online. Secara logika, tentunya keberadaan forum atau grup-grup ini harusnya cukup membantu para pengguna baru yang mengalami kesulitan atau menemukan permasalahan dengan linux atau FOSS-nya.
Namun demikian tak jarang lho ada forum yang sesekali cukup lama daam memberikan jawaban dengan rentang waktu yang cukup lama, sehingga membuat para newbie merasa dikacangin dan merasa nggak diperhatiin di forum tempat bertanya tersebut.
Eits, tapi tunggu dulu . . . Mari kita cek terlebih dahulu, adakah yang salah diantar agan-agan yang bertanya dengan forum tempat agan bertanya? Berikut adalah sedikit tips untuk bertanya di forum-forum online termasuk forum linux.
1.Biasakan Menyapa dan Memberi Keterangan Sejelas-jelasnya
Iya gan, menyapa terlebihdahulu member-member yang ada di forum atau grup ternyata memberikan kesan keakraban sendiri. Kalo hal ini sih udah biasa dan sering dilakukan oleh setiap newbia sih, tapi kalo memberi keterangan yang jelas, ini masih jarang.
Maksud memberi keterangan yang jelas adalah menceritakan kronologi kejadian secara santai tapi mendetail, sehingga para master yang ada di forum bisa dengan mudah tahu bagaiman menyikapi problem yang agan hadapi. Kan nggak enak banget kalo di forum dengan ribuan member kita bertanya hanya dengan kalimat singkat semisal, “Gan, kenapa laptop ane mati?”. Salah-salah kalo ada member yang usil dia akan jawab, “Laptop anda baru saja bertemu dengan Malaikat Izroil”. Nggak mau kejadian kaya gitu kan? Yah, anggap jugalah sambil bertanya latihan untuk bercerita, karena bercerita bukanlah perkara yang mudah. Sambil menyelam masuk air (ya iyalah).
2.Tampilkan screenshoot Problem
Bila agan sulit untuk mendiskripsikan atau bercerita tentang permasalahan yang agan hadapi, upload aja screenshoot layar monitor agan yg memuat pesan error. Nah dari situlah para master akan lebih mudah dalam memberikan solusi buat problem agan. 
3.Bertanyalah di Grup yang Lebih sesuai
Mengingat jenis linux dan free open source software yang variatif alias bermacam-macam, akan lebih mudah bila agan bertanya di grup yang khusus membahas software yang agan pakai. Katakanlah agan menggunakan Linux Mint, maka akan lebih pas kalau agan melempar pertanyaan di forum Linux mint. Bukan masalah sih bila agan melempar pada forum yang membahas linux secara umum, namun kemungkina untuk solvingnya itu lho, mungkin agak lama lebih-lebih kalau agan menggunakan distro linux yang kurang familiar digunakan.
4.Posting di Forum Saat Jam-jam Santai
Karena forum atau grup itu membernya banyak dan bervariasi profesinya, jadi alangkah baiknya posting problem agan di saat jam-jam santai, semisal pagi sebelum jam tujuh, sore, atau malam. Intinya bukan saat jam kerja. Karena tentu saja member yang sudah expert sekalipun kalo beliau-beliau sedang kerja nggak mungkin bisa membuka grup untk melihat pertanyaan yang agan posting.
5.Jadilah Orang Sabar
Dimanapun agan berada, baik di dunia nyata maupun di dunia ghaib, eh? Dunia maya maksud saya, penting sekali untuk menadi orang yang sabar. Setidaknya dengan sifat yang mulia ini, agan tidak akan menjadi mudah marah dan menghakimi siapapun seenak nafsu sendiri.


Oke selain lima hal di atas, perlu juga agan mengerti bahwasanya para member lain di forum maupun grup linux bukanlah pacar agan yang bisa agan tuntut buat setiap waktu selalu ada untuk agan. Bahkan pacar pun terkadang juga demikian. Kita juga hampir tidak pernah membayar mereka sepeserpun untuk bantuan yang sering mereka berikan dan waktu yang mereka luangkan, jadi sangat tidak sopan rasanya bila kita menuntut mereka berlebihan apalagi sampai mengujat yang bukan-bukan. 
Mereka, para member forum, juga punya kehidupan di dunia nyata yang lebih penting untuk dijalani. Dan pada kenyataannya kita semua hidup di dunia nyata, dan hanya sesekali mampir ke dunia virtual. Jadi anggap saja wajar kalau tidak semua orang mampu online 24 jam untuk membantu kita, lagi pula beli kuota juga pake uang gan . . . Haha
Dan sebagai penutup tulisan ini, jangan lupa sampaikan ucapan terima kasih untuk orang yang telah merespon postingan agan, entah itu berhasil membantu atau sekedar memberi saran namun belum berhasil. Karena pada kenyataannya, mereka-mereka itu adalah orang yang peduli dengan permasalahan agan dan telah menyisihkan waktu luang mereka untuk memberi tanggapan pada problem agan.
 
Jadikanlah proses belajar linux untuk menjadi pribadi yang lebih bijak.
Rania el-Amina
Bagikan:

0 comments: