Wednesday 26 August 2015

Mengatur Jarak Paragraf di WPS Linux

Kingsoft atau WPS adalah pengolah kata di linux yang keren soal urusan tampilan. Ya, karena memiliki user interface yang identik dengan Ms. Office word, para pemula pun dapat mengoperasikan WPS dengan mudah. 
Namun hukum lain ladang lain belalang tetap berlaku. Ada beberapa hal yang tidak serta-merta sama persis dengan MS. Office, dan salah satunya adalah pengaturan jarak antar paragraf.
Beberapa waktu yang lalu saya juga dipusingkan dengan hal ini. Lantaran secara default, jarak antar paragraf di WPS adalah 0 pt. Sehingga terlihat begitu rapat. Perhatikan gambar layar berikut untuk lebih memahami apa yang saya maksud

 Pada gambar di atas, dapat kita lihat bahwa jarak antara paragraf satu dengan paragraf lain terlalu mepet. Nah ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur jarak antar paragraf tersebut.
Pertama, blok terlebih dahulu semua paragraf yang hendak diatr jaraknya. Ini berlaku bila kita sudah mengetik, bila belum maka atur dulu tanpa diblok.


Lalu, pilih Line Spacing dan klik more... di bagian paling bawah . . dan akan muncul jendela seperti ini
Pada bagian spacing, ganti pilihan "line" menjadi "pt" dan tentukan nilainya sesuai kebutuhan, kalau dalam gambar, saya menggunakan nilai 12 pt. . .
maka hasilnya akan seperti ini. . .
Jreng-jreng . . .
Sebenarnya menggunakan word processor apapun di linux maupun di windows tak terlalu jauh berbeda pengoperasiannya. Hanya keterbiasaanlah yang membuat kita merasa nyaman, tapi kalau ada yang legal dan free, kenapa harus cari yang bajakan? 
Semoga bermanfaat!




Bagikan:

0 comments: