Thursday, 3 September 2015

Fitur-fitur Windows yang TIDAK ADA di Linux

Pagi gan!  

Beberapa waktu yang lalu, pasca peluncuran Windows 10 banyak sekali artikel-artikel yang membahas tentang fitur-fitur linux yang diadopsi oleh Windows 10. Bahkan tidakh hanya WIndows 10 saja, pada versi WIndows-windows yang sebelumnya pun ada kabar-kabar yang senada dengan itu.
 
Bagi sebagian orang, hal tersebut bisa jadi sebuah kabar yang mengembirakan, khususnya bagi pengguna linux. Mengapa? Karena dengan diadopsinya fitur-fitur linux, secara tidak langsung orang-orang di sana terlah mengakui fungsionalitas dan performa linux. Dan itu adalah satu poin tersendiri.
 
Namun setelah aku berangan-angan semalam, terbesit dalam otakku tentang beberapa hal yang ada d windows namun tidak ada di linux. Untuk hal yang satu ini, aku tak tahu akan jadi kabar menyedihkan atau kabar yang membahagiakan. Fitur-fitur apakah itu?
 
 1.Refresh
 
Bagi sebagian besar orang, ini adalah fitu penting dan sangat vital. Karena eh karena, menurut mereka, dengan menjalankan fitur ini melalui klik kanan dan klik Refresh, komputer akan menjadi lebih ringan alias tidak lagi lemot. Apakah hal itu benar? Atau cuma mitos? Aku persilakan deh, agan baca-baca postingan di internet, banyak kok yang membahas mitos tentang refresh ini.
 
Sayangnya, fitur refresh ini tidak ada di linux. Sekali lagi, TIDAK ADA. Meskipun bisa dibuat secara manual menggunakan xdootoll, namun menurut agan-agan apakah masih perlu refresh dipasang di linux? Well, semua jawaban kembali pada diri masing-masing, apalagi yang tangannnya sering merasa gatal karena tidak terbiasa me-refresh, bagaimana munurutmu?
 
2.Perusak data dan sistem
 
Fitur ini sering dinamai dengan virus. Sesuai namanya, vitur ini memiliki peranan penting di sistem windows, salah satunya yang paling sering adalah meng-hidden file atau folder pada usb. Jadi, fitur ini adalah fitur otomatis yang berjalan pada lingkungan windows dan dapat berjalan secara amat rahasia tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Fitur yang hebat bukan?
 
Tak hanya menyembunyikan berkas, beberapa jenis pengembangan fitur ini juga mampu untuk menggandakan dirinya dan meningkatkan beban penggunaan memory pada komputer, bahkan ada juga lho yang dapat mengubah beberapa fungsi yang akhirnya membuat komputer sulit mati dan sulit nyala. Wih, keren. Meskipun secara default fitur windows ini tidak langsung aktif, namun rata-rata fitur ini akan secara otomatis aktif bila komputer windows tersebut terkoneksi dengan internet dan tidak memasang antivirus di komputernya.
 
Lagi-lagi sayang sekali, fitur ini tidak bisa agan nikmati di linux. Karena linux terlalu pelit soal urusan izin akses direktori. Namun, apakah kira-kira kedepannya nanti fitur ini dapat berjalan baik di linux? Entahlah, dunia masih terus berputar. 
 
3.Keylog privasi
 
Ini adalah fitur terbaru di windows 10 yang beberapa hari terakhir menjadi buah bibir di dunia maya. Fitur keren ini memeliki fungsi yaitu mengingat semua input data dari keyboard yang agan lakukan. Misalnya, agan sedang membuka situs tertentu dan login dengan mengetikkan passwordnya agan, maka secara otomatis fitur ini akan merekamnya dan mengirimkannya pada Microsoft. Dengan kata lain, hampir semua aktivitas agan di lingkungan windows 10 itu diperhatikan oleh pihak MIcrosoft, wow nyaman sekali. Bahkan pacar-pacar kita aja nggak tahu password fb, twitter, apalagi rekening kita, tapi Microsoft tahu lho. Perhatian banget kan? Kalo nggak percaya, baca nih ada situsnya http://localghost.org/posts.
 
Apesnya, fitur hebat ini belum ada yang mengembangkan di linux. Jadi, yah . . .terima nasib ajalah.
 
4.Loaderable atau aktivator able
 
Loaderable atau aktivatorable adalah fitur yang sudah cukup lama dapat digunakan di windows. Fitur ini memungkinkan windows untuk dapat digunakan tanpa harus membayar sepeser pun untuk waktu yang tidak ditentukan. Untuk menggunakan fitur ini, biasanya diperlukan alat tambahan semacam KMSpico, 7loader, XP activator dan lain-lain. Ajaibnya, dengan pengaktifan fitur ini, windos yang didapat tanpa membeli tadi, dapat berubah solah-olah windows genuine.
 
Namun entah mengapa fitur hebat ini tidk dilirik sama sekali oelah pengembang linux. Jadi untuk menikmati fitur ini agan harus pakai windows dulu. Tertarik?
 
5.Software-software ghaib
 
Software-software ghaib adalah sebutan pribadiku untuk software yang tiba-tiba ada di komputer padahal kita tidak merasa menginstallnya, apalagi membutuhkannya. Secara teknis, dapat dijelaskan bahwa software-software ghaib ini sebenarnya adalah bonus yang diberikan saat agan menginstall aplikasi/software di windows. Enak sekali kan, sudah installnya tinggal klik-klik dan klik, eh masih dapat bonus software lain termasuk juga addons baru untuk periklanan di browser. Wih, enak banget. Fitur ini juga dapat memaksimalkan ruang hardisk yang terpakai, biar nggak mubadzir.
 
Berbeda dengan linux yang hanya memasang software yang kita mau tanpa memberi bonus apa-apa. Misalnya kita install wine, ya sudah wine itu aja bonusnya. Pelit banget kan?

Pada intinya, semua OS itu pasti punya kekurangan dan kelebihan yang beragam. Semisal, windows yang kelebihan memory dan linux yang kurang dan hal-hal lainnya. Jadi jangan saling menjatuhkan, kalau pun terpaksa lakukanlah dengan bijak dan tersamarkan. Dan akhirnya, semua penilaian kembali pada diri masing-masing.
Bagikan:

12 comments:

Dimas Toha Pramawitra said...

Wow, full features ya. Saya sampe bingung ini bagus2in windows ato g sih?

Dimas Toha Pramawitra said...

Wow, full features ya. Saya sampe bingung ini bagus2in windows ato g sih?

si yadi said...

Wkwkkwkwkwkkw
Mantapp artikelnyaa...

Rania el-Amina said...

kesimpulan kembali pada pembaca mas . . .

Rafael Helck said...

software ghaib?
gak ada tuh yg namanya software ghaib
yang ada elu install program tanpa baca apa yg elu install, main next-next ajah
nih orang mau bandingin linux ama windows eh belom belajar dulu seluk-beluk windows ama linux

Rania el-Amina said...

itu hanya istilah untuk joke definition . . .
esensi pada bagian yang agan sebutkan adalah, kemudahan instalasi terkada membuat penggunanya terlena dan tak lagi mau memperhatikan apa yang ia install di komputernya.
Btw, thanks udah berkunjung

Robby Tirta said...

Loaderable atau aktivator able ?
Anda bangga banget ya pake OS bajakan, di linux ga ada fitur itu karna kita ga butuh itu, di linux ga ada yang perlu di bajak.

dan untuk fitur refresh itu mitos

tolong pelajari dulu sebelum posting, terutama tentang linuxnya, seperti akses izin direktori yang masih jauh dri yang dipikir

Rania el-Amina said...

Saya pengguna linux mas . . .
coba mas-mas baca lagi . . .
kalo mas masih beranggapan sama, yah . . .kembali pada kalimat terakhir saya dipostingan . . .

Let's Talk said...

Ada yang salah faham, kalau dalam bahasa indonesia ini namanya Majas Ironi (kalau gak salah) contoh : "Wah Anak Bapak pintar sekali, nilainya merah semua"

Bayu Widarsono said...

Bikin ketawa malam-malam.
Ane tambahin, Gan.
Aplikasi penunjang Windows, PC Faster!!! Defragment...
Dua aplikasi ini bisa mempercepat kinerja, menghapus junk, dan memperingan memory.
Linux, sayang sekali. Nggak perlu. Padahal nunggu loading pembersihan junk itu menyenangkan sekali. Ditambah notif yang muncul beberapa hari. Tampilannya pun menarik...

Rania el-Amina said...

@Lets's Talk yups. . benar banget mas, aku lagi mencoba menulis dengan gaya satir. . .
@Bayu . . .haha, iya bener itu mas . . izin ngakak

Topan Alfarisi said...

haha lucu juga sih, saya sebenernya masih jadi pengguna OS labil (kadang windows kadang linux)
harus nyobain linux dulu nih biar paham maksud artikel ini...